Struktur dari suatu program Pascal
terdiri dari sebuah judul program (program heading) dan suatu blok program
(program block) atau badan program (body program). Blok program dibagi menjadi
dua bagian, yaitu bagian deklarasi (declaration part) dan bagian pernyataan
(statement part). Bagian Deklarasi dapat terdiri dari deklarasi label (labels
declaration), deklarasi konstanta (constants declaration), deklarasi tipe (type
declaration), deklarasi variabel (variables declaration), deklarasi prosedur
(procedures declaration) dan deklarasi fungsi (function declaration). Secara
ringkas, struktur suatu program Pascal dapat terdiri dari:
1. Judul Program
2. Blok Program
a. Bagian Deklarasi
Deklarasi label
Deklarasi konstanta
Deklarasi tipe
Deklarasi variabel
Deklarasi prosedur
Deklarasi fungsi
b. Bagian Pernyataan
Program Pascal Yang Paling Sederhana
Suatu program Pascal yang paling
sederhana adalah program yang hanya terdiri dari sebuah bagian pernyataan saja.
Bagian pernyataan (statement part) merupakan bagian yang terakhir dari suatu
blok. Bagian ini diawali dengan reserved word Begin dan diakhiri dengan
reserved word End. Jadi suatu program Pascal yang paling sederhana dapat
berbentuk :
Begin
End.
Blok statement harus diawali oleh
kata Begin dan diakhiri dengan kata End yang ada titik dibelakangnya (End.).
Jangan lupa ya! Sedangkan format umum untuk suatu program biasanya adalah:
Program …
Uses …
Begin
…statement…
End.
Kata program boleh ada, boleh tidak
(optional). Gunanya untuk memberi nama program saja. Lalu cobalah untuk
mengetikkan statement berikut lalu jalankan (Ctrl+F9):
Begin
writeln('Halo Dunia!');
End.
Dalam kasus ini kita tidak
menggunakan uses dan var. Seharusnya program di atas menghasilkan tulisan
‘Halo’ di layar. Jika terlalu cepat, tekan tombol alt+F5. Kemudian tekan
sembarang tombol untuk kembali ke editor Pascal.
Uses
Untuk apakah uses itu? Uses adalah
sejenis istilah yang berarti kita menggunakan suatu library (pustaka) tertentu.
Lalu sekarang, apakah library itu? Untuk lebih mudah, anggap saja library itu
sejenis kotak yang di dalamnya ada perintah-perintah yang kita butuhkan untuk
program kita nantinya, seperti clrscr, readkey, keypressed, readln, dsb.
Pertanyaan lagi, mengapa program di
atas tidak pakai uses? Karena statement writeln adalah memakai library standar
milik TP (unit system), yang tidak perlu ditulis lagi.
Oh, ya. Bahasa Pascal bersifat
incase-sensitive yang artinya tidak mempedulikan huruf besar atau kecil. Jadi
terserah mau menulis kata Begin dengan begin atau BEGIN atau bahkan BeGiN.
Tidak masalah koq. Dan jangan lupa, pada umumnya di akhir suatu perintah selalu
diakhiri dengan tanda titik koma (;).
Penggunaan Write dan Writeln
Syntax write: write('');
Syntax writeln: writeln('');
Untuk lebih jelasnya, ketikkan
perintah-perintah berikut ke editor Pascal anda lalu jalankan (Ctrl+F9).
Uses crt;
begin
clrscr;
writeln('ini baris pertama');
writeln('ini baris kedua');
write('ini baris ketiga');
write(' ini muncul disampingnya ');
writeln;
write('ini baris keempat');
end.
Sudah tahukah apa kegunaannya dan
apa bedanya? Yang pasti, perintah write hanya menulis saja sedangkan perintah
writeln menulis kemudian memindahkan kursor ke baris berikutnya.
Variabel
Variabel bisa diibaratkan sebagai
sebuah kantong yang bisa menyimpan sesuatu. Dalam program yang meminta inputan
ke user, maka inputannya harus ditampung ke dalam kantong yang bernama variabel
ini. Dan kantong ini juga bisa diakses oleh statement program lainnya. Berikut
ini adalah berbagai macam tipe variabel.
Shortint
-128 s/d 127
Byte
0 s/d 255
Integer
-32768 s/d 32767
Word
0 s/d 65535
Longint
-2146473648 s/d 2146473647
Real
2.9 e-39 s/d 1.7 e37
String
1 s/d 255 huruf
Char
1 huruf saja
Tipe variabel di atas adalah tipe
variabel yang paling sering digunakan. Untuk tipe pecahan, masih ada tipe
seperti single, double, extended, dsb. Silahkan pelajari sendiri di help yang
tersedia (Ctrl+F1). Berikutnya adalah cara pendeklarasian variabel. Variabel di
deklarasikan di blok var. Contoh:
Var
umur : byte;
nama : string;
Untuk memberikan suatu nilai pada
variabel, pada statement masukan perintah:
:= ;
Contoh program:
Var
umur : byte;
sekolah : string;
begin
umur := 20;
sekolah := 'iSTTS';
writeln('Umurku ',umur,' tahun');
writeln('Aku bersekolah di
',sekolah);
end.
Jalankan dan lihat hasilnya! Lalu
bagaimana jika kita ingin meminta inputan dari user. Gunakan perintah read atau
readln. Contoh programnya:
Var
umur : byte;
sekolah : string;
begin
write('Umur saya berapa? ');
readln(umur);
write('Sekolah saya di mana?');
readln(sekolah);
writeln('Umurku ',umur,' tahun');
writeln('Aku bersekolah di
',sekolah');
readln;
end.
Jalankan! Jika masukkan inputan lalu
tekan enter. Lalu karena pada statement paling akhir program meminta readln.
Itu artinya kita harus menekan tombol enter untuk kembali ke editor.
Uses crt
Crt merupakan suatu unit yang
mempunyai beberapa perintah yang dapat kita gunakan dalam hal pengolahan
program berbasis teks. Dan untuk menampilkan pada layar. Beberapa perintah atau syntax yang memakai library ini
adalah:
1. Clrscr : untuk membersihkan
layar.
2. Textcolor : memberi warna pada
tulisan.
3. TextBackground : memberi warna
pada latar belakang tulisan tersebut.
4. GotoXY : memindahkan kursor ke
posisi X,Y.
5. Sound, NoSound : membunyikan
speaker dan menghentikannya.
6. Delay : menunda pemrosesan
program beberapa waktu.
7. Textmode : mengubah besar
karakter.
Contoh program :
Uses crt;
Begin
Clrscr;
Textcolor(14);
Textbackground(1);
Gotoxy(10,20);
Writeln('Tulisan kunig di atas
biru!')
{penggunaan Sound dan NoSound}
Sound(440); delay(1000); nosound;
End.
Daftar warna:
1: hitam
2: biru
3: cyan
4: merah
5: magenta
6: coklat
7: abu-abu terang
8: abu-abu gelap
9: biru muda
10: hijau muda
11: cyan muda
12: merah muda
13: magenta muda
14: kuning
15: putih
Perhitungan matematika
Suatu statement pada blok program
bisa digunakan untuk menghitung perhitungan matematika. Perhatikan program
berikut:
…
Var
a,b,c : integer;
Begin
a:=1;
b:=5;
{penjumlahan}
c:=a+b;
writeln(c);
{pengurangan}
c:=b-a;
writeln(c);
{perkalian}
c:=a*b;
writeln(c);
{pembagian}
c:=b/a;
writeln(c);
End.
…
Div
Adalah pembagian yang selalu
menghasilkan bilangan bulat (integer).
Contoh: c:=a div b;
Mod
adalah sisa dari pembagian modulo
atau remainder yang selalu menghasilkan integer.
Contoh: c:=a mod b;
Trunc
Pembulatan angka ke bawah. Misalnya
angka 5.7 dibulatkan menjadi 5.
Contoh: trunc(c);
Round
Pembulatan ke nilai integer
terdekat, misal 5.6 dibulatkan ke enam. 7.1 dibulatkan menjadi tujuh.
Contoh: round(c);
Tidak ada komentar:
Posting Komentar