Pages

Subscribe:

Pages

29 Nov 2010

Cara Menginstall Linux BlankOn

Cara Menginstall Linux BlankOnAwal nya sih adhi ga tau apa itu linux blankxOn... awal nya melihat sticker bertuliskan blankOn di Cpu lab sekolah... setelah beberapa hari,di sekolah ada materi instalasi Operating sistem Linux... pas waktu itu saya belum tahu kalau ada linux blankOn... Ternyata setelah di praktekin.. cara pengeinstallan linux blankOn sama juga cara menginstall Linux Ubuntu... Nah langsung aja ke TKP.. hehehe....
Cara Instalasi yang akan saya jelaskan bisa juga dipergunakan dalam proses instalasi Ubuntu dan Linux Mint.
Tahap Pertama, Persiapkan hardisk anda. Jika anda bermaksud menggunakan BlankOn dengan Ms Windows (Dual Booting) maka defrag terlebih dahulu Hardisk anda dan kemudian buatlah sebuah partisi baru untuk dipasang BlankOndengan ukuran  + 10 Gb (atau lebih besar lebih bagus, Minimal 4 Gb ) dan satu buah Partisi lain berukuran 512 Mb untuk Partisi Swap (kalau di windows, semacam Pagefile), Anda bisa menggunakan program pemartisi HDD semacam Partition Magic di windows atau menggunakan Distro Linux Parted Magic.
Tahap kedua, siapkan komputer agar booting awal dari CD/DVD Rom. Dengan cara masuk ke Bios dan merubah settingan booting pertama dari Harddisk menjadi CD/DVD ROM. Untuk Award Bios cara masuk ke Bios Setting adalah memijit tombol DEL pada saat komputer pertama kali booting.
Masukan CD Installer Blankon yang anda miliki, tunggu sampai Live CD tampil sempuran di komputer anda
  • Klik icon “Pasang” yang tampak di layar Desktop Live CD BlankOn :

  • Setelah memilih bahasa yang akan digunakan (saya memilih Bahasa Indonesia). Silahkan tentukan lokasi serta waktu :

  • Kemudian pilih jenis keyboard yang anda pergunakan (USA adalah defaultnya), lanjutkan ke opsi berikutnya :

  • Dilanjutkan dengan pilihan partisi harddisk untuk dipasang Blankon :


  • Pilihan pertama untuk membagi dua sebuah partisi untuk dipakai bersama dengan Blankon, tinggal digeser batas ukurannya saja untuk menyesuaikan besar kapasitas harddisk yang diinginkan. Pilihan kedua menggunakan seluruh harddisk untuk diinstal Blankon, pilihan ketiga , Manual kita menentukan di Partisi mana kita akan pasang Blankon, saya pilih opsi ketiga,yaitu manual :

  • Selanjutnya pilih partisi harddisk yang telah kita persiapkan pada tahap pertama :

  • Isikan nama User yang anda kehendaki beserta Password :

  • Dilanjutkan dengan pilhan migrasi dari Operating Sistem lain (Jika ada) :
  • Lalu klik tombol pasang dan tunggu sampai proses Instalasi selesai (+ 30 menit) :


  • Setelah selesai, silahkan pilih Opsi restart, keluarkan CD Installer dan tunggu komputer restart, Jika anda menetukan Dual Booting dengan OS lain maka pada saat tampil pilihan Booting, Pilih Blankon untuk masuk ke BlankOn :

Nah.... sangat mudah bukan... barang kali ada kesalahan mohon di maklumi... karena saya juga masih banyak belajar.... Semoga informasi ini dapat bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar